Monday, May 2, 2011

TEKS MC ACARA ADAT PERNIKAHAN ACARA PERNIKAHAN


1.       AKAD NIKAH
(Keluarga mempelai wanita menunggu kehadiran keluarga dari mempelai pria)
Para hadirin tamu undangan yang berbahagia
diharapkan dapat menempati tempat yang telah disediakan. Karena iringan calon mempelai pria
sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah kita.

(Kedatangan keluarga mempelai pria)
Selamat datang kami ucapkan kepada keluarga besar dari calon mempelai pria, yaitu keluarga besar Bapak Aditya Warman. Sebelum memasuki tempat berlangsungnya akad nikah, kami persilahkan untuk perwakilan dari pihak keluarga calon mempelai wanita menyambut secara simbolik diterimanya calon mempelai pria.
(Di depan pintu masjid ibu dari mempelai wanita mengalungkan bunga kepada mempelai  pria)

Hadirin, undangan yang kami hormati.
Prosesi  akad nikah y akan dilakukan oleh ananda Raka Aditya Warman  dan  adinda Yuliani Ranawijaya Sudibyo. Agar tidak mengganggu berjalannya prosesi akad nikah, kami diharapkan agar para undangan yang memiliki telepon seluler atau alat komunikasi lainnya dapat menyesuaikan nada dering. Terimakasih kami ucapkan.

Baikalah,
Sebelum kita masuk acara prosesi akad nikah, ada baiknya kita persilahkan kepada calon mempelai wanita untuk duduk berdampingan di sebelah calon mempelai pria.

Bersamaan dengan berjalannya calon mempelai wanita memasuki tempat akad nikah berlangsung, MC memberikan sedikit kata-kata tentang kedua mempelai)
Hadirin, undangan yang berbahagia.  
Ananda  Raka Aditya Warman  lelaki berparas tampan dan gagah berani adalah anak Kedua dari keluarga bapak Aditya Warman dan Ibu Cindi Aditya Warman yang insyaallah dapat menjadi imam untuk anak dan istrinya kelak. Sedangkan calon dari mempelai wanita adalah  Adinda Yuliani Ranawijaya Sudibyo seorang wanita yang anggun dan cantik rupawan dan dapat menjadi seoeranf istri yang sholehaht. Adalah putri pertama dari keluarga bapak Ranawijaya Sudibyo dan ibu Ajeng Ranawijaya Sudibyo
Dengan kehadiran adinda Yuliani Ranawijaya Sudibyo maka kita mulai acara prosesi akad nikah ini dengan sama-sama melafazkan basmalah.
·         (Berjalannya prosesi akad nikah)
Innalhamdalillahilladzi nahmaduhu wanastainuhu wanastagfiruhu wanauzubillah himingsururi angfusina wa min sayyiati a’malina mayyahdillahu falamudillalah wamayudlilhu falahadialah, ama ba’du. Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita semua sehingga pada hari yang istinmewa ini kita dapat berkumpul dalam  acara yang agung dan suci.
Sebagaimana yang kita ketahui bersama. hari ini kita akan menjadi saksi dipersatukanya dua insan yang penuh cinta kasih.
Pada acara ini, dua keluarga besar bertemu  untuk memberikan doa restu untuk kedua mempelai yaitu  keluarga bapak Aditya Warman dengan keluarga bapak Ranawijaya Sudibyo, untuk itu  kami persilahkan kepada bapak penghulu untuk memulai prosesi akad nikah dari kedua calon mempelai. Kepada bapak penghulu Lufi Syauki Faznur, kami silahkan.

·         (Akad nikah selesai dilaksanakan)
Alhamdulillahhi Rabbil’Alamin, dengan disyahkanya akad nikah yang baru saja kita saksikan, maka telah resmi juga pernikahan antara ananda Raka Aditya Warman dan adinda Yuliani Ranawijaya Sudibyo.
 Kita ucapkan selamat menempuh hidup baru kepada kedua mempelai yang telah resmi menjadi sepasang suami istri, semoga keduanya akan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah, amin amin ya Rabbal’alamin.
baiklah, sebelum kita tutup acara prosesi akad nikah ini, marilah kita berdoa bersama untuk kedua mempelai  yang akan dipimpin oleh bapak ustazd Abdul Arsudin, kepada Bapak Abdul kami silahkan. (Berdoa)
Selanjutnya persilahkan kepada kedua mempelai untuk memasuki ruangan resepsi dan duduk di singgasana pelaminan dengan diiringi oleh para keluarga dan tamu undangan.
(Kedua mempelai memasuki ruangan resepsi pernikahan dengan diiringi salawat-salawat nabi)

2.       KALIMAT PENGANTAR MEMPELAI
Hadirin, undangan yang kami hormati.
Segala puji bagi Allah yang telah menyatukan dua insan dalam ikatan suci yang diridhoi Allah. Ananda Raka Aditya Warma pura kedua dari pasangan bapak Aditya Warman dan ibu Cindi Aditya Warman yang berasal dari kota Gudeg Jogjakarta. Dan   Ananda Yuliani Ranawijaya Sudibyo putra pertama dari pasangan bapak Sudibyo dan ibu Ajeng yang berasal dari kota Kembang Bandung.

3.    PEMBUKAAN
Hadirin, undangan yang berbahagia.
Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Sedap malam harum wanginya
Sedap malam putiha warnanya
Selamat malam kami ucapkan tuk semuanya.
Yang kami hormati bapak ibu undangan yang berbahagia

Yang kami hormati Bapak/Ibu undangan yang berbahagia,
Akad nikah telah selesai dilaksanakan, kini lara telah terobati, sepi telah berganti, yang terlihat wajah yang berseri-seri. Kala terucap “kasih jadilah ibu dari anak-anakku aku mencintaimu seperti senandung gemercik hujan yang turun membahasahi bumi.

Segala puja dan puji bagi Allah yang  mengusai alam jagat raya, mengetahu hal-hal yang tersembunyi, karena rahmat dan ridhonya kita dapat dipertemukan di tempat dan pada kesempatan ya ng berbahagia ini. Salawat beserta salam semoga terlimpahcurahkan bagi nabi kita Muhammmad SAW yang membawa kita dari zaman kegelapan sampai kepada terang benderang. Semoga bapak ibu mendapatkan safaatnya.

Atas nama  keluarga besar kedua mempelai, kami ucapkan selamat datang dan terimakasih yang sebanyak-banyaknya pada bapak- ibu yang berkenan hadir pada malam ini untuk memberikan doa dan restu untuk kedua mempelai.. semoga  doa dan restu dari para hadirin menjadi cahaya yang akan menerangi dan menjadi kunci yang akan membukakani  yang pintu kebahagiaan yang hakiki

4.    SAMBUTAN PERWAKILAN KELUARGA
Hadirin, undangan yang berbahagia.
 ‘tak kenal maka tak sayang’. Untuk itu sebagai awal perkenalan, kita akan meminta untuk kedua belah pihak keluarga menyampaikan sepatah dua patah bagi kita semua. Untuk mengawali perkenalan dan sekaligus sambutan dari pihak mempelai, yang pertama  perwakilan dari keluarga mempelai pria yaitu  kepada bapak Sutrisno kepada kami silahkan.
(Sambutan perwakilan mempelai pria)
Terima kasih kepada Bapak Sutrisno.

 Selanjutnya sepatah dua patah dari perwakilan keluarga mempelai wanita yaitu  kepada Bapak Adhy  kami silahkan.
(Sambutan perwakilan mempelai wanita)
Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Adhy selaku perwakilan dari keluarga mempelai wanita.

5.    TAUSIAH PERNIKAHAN
Hadirin, undangan yang kami hormati.
Perkenalan  telah dilaksanakan dan sambutan dari kedua pihak mempelai juga telah dilaksanakan. Untuk itu agar kita bisa sama-sama mendapatkan hikmah pernikahan yang lebih bermanfa. Untuk itu, kami mohon dengan sangat kepada Bapak ustazd H. Jujun Junaidi, M.A untuk memberikan sedikit petuahnya kepada kita semua.
Kepada Ustad Jujun kami silahkan.

Terima kasih kepada Bapak ustazd H. Jujun Junaidi M.A. yang telah memberikan sedikit petuah dan ilmu untuk kita semua.


·         PEMBACAAN DOA
Hadirin, undangan yang berbahagia.
Dengan adanya petuah atau nasehat yang indah bagaikan angin berhembus diteriknya matahari, untuk itu marilah kita sama-sama berdoa demi kebahagiaan dan keutuhan rumah tangga kedua mempelai serta untuk kita semua.  
Kepada Bapak H Henri Pradianto, M.A. kami silahkan untuk memimpin doa.
(Berdoa)
Syukur Alhamdulillah kita ucapkan dan terima kasih kepada Bapak H. Hendri Pradianto, M.A.

6.    HIBURAN
Hadirin, undangan yang berbahagia
 Kami persilahkan untuk menuju meja perasmanan.
Dan untuk menemani para hadirin bersantap malam.
saatnya kita masuk kedalam acara selanjutnya, yaitu Hiburan yang akan di tampilkan oleh Anang dan Ashanti.  kami persilahkan.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pengisi acara yang telah ikut berpartisipasi dalam memberikan kebahagiaan di hari yang suci ini. Marilah kita berikan tepuk tangan yang sangat meriah untuk para pengisi acara pada hari ini.

7.    PENUTUP
Bapak ibu yang kami hormati. Alhamdulilah satu demi satu rangkaian acara telah terlaksana dan sampailah kita di penghujung acara malam ini. Bailklah saya Eti Kurniati  mewakilli kedua keluarga mempelai mengucapkan, terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Dan sebagai persembahan rasa terima kasih kami kita saksikan Afgan dengan lagu Dia. Akhir kata Wassamualaikum Wr Wb.




No comments:

Post a Comment